Kamis, 10 November 2016









Senin, 24 Oktober 2016




  Pengertian TKJ (Teknik Jaringan Komputer)
 
 
Teknik Komputer dan Jaringan atau yang biasa disebut TKJ adalah teknik yang mempelajari tentang cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program-program PC. TKJ merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tetapi tergantung sekolahnya juga sih, SMKnya teknik atau bukan. Kalau bukan ya jangan tanya ada jurusan TKJ atau tidak.
Dari tahun ke tahun jurusan TKJ selalu banyak peminatnya. Dan pesaingnya adalah jurusan Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Mengapa demikian ? Dari survei yang saya lakukan, saya mendapati alasan mengapa rekan-rekan saya memilih TKJ. Yang pertama peluang kerjanya sangat banyak dan kelihatan keren ketika kerja hanya duduk di balik laptop atau PC dengan gaji yang fantastis.
Belajar TKJ itu susah-susah gampang. Yang penting niat dan tekad untuk belajarnya tinggi. Jika kalian mengambil jurusan ini alangkah baiknya sudah punya laptop atau PC untuk media belajar supaya mudah ketika mendapat materi dari guru.
Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan.
Banyak sekali peluang kerja jurusan TKJ. Rekan-rekan saya yang mengambil jurusan TKJ setelah lulus sekolah ada yang jadi teknisi Komputer di sekolahan, ada yang  jadi teknisi jaringan dan ada yang buka lapangan kerja sendiri sebagai mekanik komputer. Bisa juga lulusan TKJ itu buka toko komputer sendiri atau buka warnet.
Mari kita lihat selengkapnya peluang kerja jurusan TKJ dibawah ini.
1. Internet Service Provider / Perusahaan Jaringan Network Security  :
  • Mengidentifikasi kebutuhan keamanan jaringan
  • Mendesain sistem keamanan jaringan
  • Menginstalasi security jaringan
  • Menginstalasi dan administrasi server authentikasi
  • Mengoperasikan security jaringan
  • Monitoring keamanan jaringan
2. Wireless Networking  :
  • Merancang, melakukan survey lapangan
  • Membuat antenna
  • Menginstalasi jaringan wireless
  • Mengkonfigurasi peralatan
  • Mengoperasikan jaringan wireless
3. Network Administrator  :
  • Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  • Menganalisa dan memperbaiki kerusakan/kesalahan /tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan
4. Administrasi Server
  • Memanage server
  • Mengatur band width
  • File sharing
  • Memonitor server
  • Mengatur traffic
5. Computer Integrator  :
  • Merakit komputer
  • Memperbaiki komputer
  • Menginstalasi sistem operasi GUI dan TEXT
6. Voip Integrator  :
  • Indentifikasi kebutuhan
  • Merancang jaringan voip
  • Instalasi softswitch
7. Linux Administrator  :
  • Menginstalasi sistem operasi Linux
  • Maintenance sistem operasi Linux
  • Melakukan virtualisasi
8. Integrator Jaringan :
  • Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
  • Memasang jaringan lokal
  • Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  • Menginstalasi sistem operasi jaringan
  • Menganalisa dan memperbaiki kerusakan/kesalahan/tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan
  • Merancang web database untuk content server
  • Instalasi web server
  • Instalasi database server
  • Instalasi server jaringan
  • Instalasi content management sistem
  • Instalasi, integrasi software kolaborasi
9. Web Administrator  :
  • Konfigurasi web
  • Perawatan web
  • Memonitor jaringan
  • Mengatur traffic
  • Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  • Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  • Monitoring keamanan jaringan



Sejarah Teknik Komputer Dan Jaringan


     Sejarah Jaringan Komputer Global/Dunia dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan
Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

     Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).

     Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
  
      Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

      Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan IP yang kini kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.

     Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer pada saat itu membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.

     Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah).
Tahun 1994, situs-situs dunia maya telah tumbuh menjadi 3.000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di situs. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Perkembanga Teknik Komputer Dan Jaringan
Perkembangan sistem operasi dipengaruhi oleh perkembangan hardware.  Sistem operasi mulai dikembangkan sejak ±40 tahun lalu, yaitu:

Generasi ke-nol (1940). Komponen utama tabung hampa udara;Sistem komputer belum menggunakan sistem operasi;Sistem operasi komputer dilakukan secara manual melalui plugboard, dan hanya bisa digunakan untuk menghitung (+,-, dan *). Generasi pertama (1950). Komponen utama transistor;Sistem operasi berfungsi terutama sebagai pengatur pergantian antar job agar waktu instalasi job berikutnya lebih efisien. Dalam masa ini muncul konsep batch system (semua job sejenis dikumpulkan jadi satu);Input pemakai punch card. Generasi kedua (1960). Komponen utama IC;Berkembang konsep-konsep
    • Multiprogramming, satu prosesor mengerjakan banyak program yang ada di memori utama;
    • Multiprosesing, satu job dikerjakan oleh banyak prosesor berguna untuk meningkatkan utilitas;
    • Spooling Simultaneous Peripheral Operation On Line, bertindak sebagai buffer (penyangga) saja, dan mampu menerima pesanan meskipun belum akan dikerjakan;
    • Device Indipendence, masing-masing komponen memiliki sifat yang saling berbeda (misal: tiap-tiap printer memiliki driver);
    • Time Sharing atau Multitasking, sistem bagi waktu yang diberikan oleh CPU terhadap berbagai job yang sedang dijalankan.
    • Real-time system, berguna sebagai kontrol bagi mesin-mesin.
    Generasi ketiga (1970) Komponen utama VLSI (Very Large Scale Integrated Circuit);Ditandai dengan berkembangnya konsep general purpose system, sehingga sistem operasi menjadi sangat kompleks, mahal dan sulit untuk dipelajari; Generasi keempat (pertengahan 1970-an hingga sekarang).
    • PC makin populer;
    • Ditandai dengan berkembangnya sistem operasi untuk jaringan komputer dengan tujuan: data sharing, hardware sharing, dan program sharing;
    • User interface semakin user friendly tanpa harus mengorbankan unjuk kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar